• SMK BUDI PERKASA
  • Tangguh Berkarakter

Workshop Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja SMK PK Budi Perkasa

SMK PK Budi Perkasa mengadakan kegiatan Workshop Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja bersama Panasonic Manufacturing Indonesia selama dua hari yaitu Jumat dan Sabtu tanggal 9 & 10 Agustus 2024 yang diikuti oleh peserta didik dan para dewan guru SMK PK Budi Perkasa. Workshop kali ini menghadirkan dua narasumber, yang pertama adalah HRD Manager Panasonic Manufacturing Indonesia, Bapak Wasis Kartijoso, ST. dan narasumber yang kedua adalah HRD Manager Pemasaran Panasonic Gobel Group Bapak Ngadiyanto.

Workshop penyelarasan pembelajaran berbasis dunia kerja untuk SMK Pusat Keunggulan adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengintegrasikan pendidikan dengan dunia kerja, sehingga siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di dunia nyata setelah lulus dari sekolah nanti. Workshop penyelarasan pembelajaran berbasis dunia kerja SMK Pusat Keunggulan akan menjadi momen penting untuk menciptakan sinergi antara dunia pendidikan dan dunia kerja. Melalui kerjasama yang baik, diharapkan siswa SMK PK Budi Perkasa dapat lebih siap dan relevan dengan tuntutan industri, sehingga dapat menjadi tenaga kerja yang kompeten dan berkontribusi secara positif dalam dunia kerja dan dunia industri.

Tujuan utama dari workshop ini adalah:

  1. Penyelarasan Kurikulum: Workshop ini bertujuan untuk menyesuaikan kurikulum di SMK PK Budi Perkasa dengan kebutuhan dan tuntutan dunia kerja. Hal ini dilakukan agar materi pembelajaran yang diajarkan di sekolah relevan dan sesuai dengan perkembangan teknologi dan industri terkini.
  2. Peningkatan Kualitas Pengajaran: Workshop ini memberikan kesempatan bagi para guru SMK PK Budi Perkasa untuk memahami lebih dalam tentang perkembangan di dunia kerja dan industri sehingga mereka dapat mengajar dengan lebih efektif dan aktual.
  3. Penguatan Kerjasama dengan Industri: Workshop ini dapat menjadi wadah untuk membangun dan memperkuat kerjasama dan mendapatkan pengalaman nyata melalui magang atau praktek kerja di perusahaan sehingga mereka lebih siap menghadapi dunia kerja setelah lulus.
  4. Penyusunan Program Magang atau Praktek Kerja: Workshop ini bisa digunakan untuk merumuskan program magang atau praktek kerja bagi siswa SMK PK Budi Perkasa. Program ini akan memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar dan berlatih di lingkungan kerja yang sesungguhnya.
  5. Mengidentifikasi Kebutuhan Industri: Workshop ini juga berfungsi sebagai wadah untuk mengidentifikasi kebutuhan industri terkait tenaga kerja, sehingga SMK PK Budi Perkasa dapat mempersiapkan siswa sesuai dengan permintaan pasar kerja.
  6. Pemberian Informasi Karir: Workshop ini dapat memberikan informasi yang komprehensif mengenai peluang karir yang tersedia di industri terkait, sehingga siswa SMK PK Budi Perkasa memiliki pemahaman yang lebih baik tentang prospek pekerjaan di masa depan.
  7. Pengembangan Keterampilan Soft Skills: Selain keterampilan teknis, workshop ini juga dapat berfokus pada pengembangan keterampilan soft skills, seperti komunikasi, kerjasama, kepemimpinan, dan kreativitas, yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Gambar 1. Workshop dengan narasumber Bapak Wasis Kartijoso, ST. (HRD Manager PT Panasonic Manufactoring Indonesia)

Gambar 2. Peserta didik antusias mengikuti kegiatan workshop

Gambar 3. Narasumber kedua Bapak Ngadiyanto beserta dewan guru SMK Budi Perkasa

Gambar 4. MGMP jurusan Teknik Kendaraan Ringan

Gambar 5. MGMP jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Gambar 6. MGMP jurusan Teknik Pemesinan

Gambar 7 & 8. MGMP PJOK dan MPLB

Gambar 9. MGMP jurusan Teknik Komputer Jaringan

Gambar 10. MGMP Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing

Gambar 11. MGMP Sejarah dan PKN

Gambar 12. MGMP Pendidikan Agama Islam

Gambar 13. MGMP Matematika

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Siswa SMK PK Budi Perkasa Berhasil Meraih Kejuaraan LKS BCA CMA Tingkat Nasional

Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) merupakan ajang talenta di bidang riset dan inovasi yang diselenggarakan untuk peserta didik SMK. Selain sebagai ajang ko

14/09/2024 08:17 - Oleh Team Humas - Dilihat 117 kali
Semarak Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di SMK PK Budi Perkasa

Perlombaan 17 Agustus adalah agenda rutin yang diadakan hampir seluruh warga Indonesia. Hal ini untuk mengingatkan sejarah kemerdekaan, menghargai jasa pahlawan yang telah gugur demi ke

17/08/2024 16:20 - Oleh Team Humas - Dilihat 137 kali
Kunjungan Kerja BCA CMA Teaching Factory SMK PK Budi Perkasa

Dalam rangka mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, Bank Central Asia (BCA) mengadakan Program BCA Cash Management Academy (CMA) yang merupakan program Teachi

17/08/2024 15:05 - Oleh Team Humas - Dilihat 135 kali
Pra Prakerin Di SMK PK Budi Perkasa

Prakerin atau Praktek Kerja Industri merupakan kegiatan pendidikan, pelatihan, dan pembelajaran bagi siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang dilakukan di dunia usaha atau dunia indus

10/08/2024 22:07 - Oleh Team Humas - Dilihat 120 kali
Siswa SMK PK Budi Perkasa Mengukir Prestasi Dalam Kejuaraan Tarung Derajat POPDA Kab. Bekasi

Siswa SMK PK Budi Perkasa kem­bali mengukir prestasi gemilang di bidang olahraga, yaitu Cabang Ta­rung Derajat pada kejua­raan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XII

23/07/2024 16:43 - Oleh Team Humas - Dilihat 146 kali