• SMK BUDI PERKASA
  • Tangguh Berkarakter

Program Keahlian Pintar Bersama Daihatsu (PBD) SMK Budi Perkasa

Program keahlian ini dimotori oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bekerja sama dengan SMK. Rendahnya kemampuan peserta didik SMK saat memasuki dunia kerja, melatar belakangi hadirnya program keahlian tersebut. Meskipun di sekolah sudah dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan, hal itu dinilai belum cukup memadai untuk memasuki dunia kerja. PT. ADM memandang bahwa kelemahan peserta didik dan sekolah bukan pada aspek pengetahuan dan keterampilan, melainkan lebih pada aspek attitude atau nilai sikap.

Program keahlian ini membekali peserta didik dengan hard skill dan soft skill. Hard skill diberikan untuk membekali keterampilan peserta didik yang riil/ identik denga napa yang dilakukan di industri/ bengkel Daihatsu. Materi ini dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah, selain dari struktur kurikulum yang sudah ada sebelumnya. Sementara untuk soft skill, ditekankan pada aspek sikap kerja peserta didik. Program keahlian ini lebih menekankan materi tersebut karena diharapkan peserta didik dapat masuk ke dunia industri di mana saja. Peserta didik dilatih untuk memiliki kebiasan hidup yang positif seperti penerapan work habit yaitu 5R (ringkas, rapi, resik, rawat, dan rajin), berjalan di jalur hijau atau green line, work safety, pembiasan disiplin, penempatan seluruh properti sesuai tempat/ alamatnya, dan quality control circle (qcc).

Program ini dijalankan oleh semua warga sekolah tidak hanya terbatas pada siswa, dan tidak hanya berlaku bagi jurusan otomotif saja tetapi di semua jurusan. Dengan adanya program PBD ini diharapkan sekolah lebih maju dan siswa memiliki karakter yang baik sehingga lebih siap menghadapi dunia kerja.

Program Pintar Bersama Daihatsu telah hadir di SMK Budi Perkasa sejak tahun 2019 silam, bahkan SMK Budi Perkasa mendapatkan akreditasi A yang diberikan oleh PBD, maka saat ini SMK Budi Perkasa ditunjuk sebagai koordinator wilayah 1 PBD Jawa barat. (*)

Komentari Tulisan Ini