• SMK BUDI PERKASA
  • Tangguh Berkarakter

MENGENAL LEBIH DEKAT JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Gambar: Foto Resepsionis

Pernahkah anda terkesan dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan? Apakah anda tahu, bahwa pelayanan yang diberikan tersebut adalah salah satu kompetensi yang diberikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)? Ya, hal itu bisa Anda dapatkan di Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP).

            Jurusan OTKP atau dulunya Administrasi Perkantoran (AP) merupakan salah satu Kompetensi Keahlian dari Program Keahlian Manajemen Perkantoran pada Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen.

Berikut adalah mata pelajaran yang diajarkan di Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran:

 

Gambar: Siswa Praktik Jurusan OTKP SMK Budi Perkasa

Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian

Mata pelajaran ini adalah tentang administrasi kepegawaian, perencanaan kebutuhan pegawai, prosedur pengadaan pegawai, hingga penilaian kinerja pegawai.

Otomatisasi Tata Kelola Keuangan

Siswa diajarkan untuk dapat memahami tentang ruang lingkup administrasi keuangan, mengidentifikasi fungsi administrasi keuangan, menguraikan tujuan administrasi keuangan, hingga mengemukakan dasar administrasi keuangan berdasarkan kondisi nyata di tempat kerja.

Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana

Membekali siswa dengan pengetahuan tentang administrasi dan regulasi sarana prasarana kantor, dan K3 (Keamanan, Kesehatan, dan Keselataman kerja) perkantoran. Siswa juga akan diajarkan tentang penggunaan mesin-mesin kantor dan mesin komunikasi kantor hingga penataan interior dan tata ruang kantor.

Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan

Mata pelajaran ini adalah pengetahuan dan keterampilan tentang regulasi bidang kehumasan beserta etika dan kode etiknya hingga perencanaan program kehumasan.

Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Materi yang dibahas antara lain bagaimana memahami karakteristik wirausahawan, memahami peluang usaha produk dan jasa, hingga proses pengajuan hak atas kekayaan intelektual.

Prospek Kerja Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan OTKP

Gambar: Foto Sekretaris

Sekretaris

Seorang sekretaris bertugas untuk mengurus segala hal yang berhubungan dengan perusahaan, termasuk juga mengatur jadwal atasan.

Asisten Sekretaris

Tugas sebagai seorang asisten sekretaris adalah menerima berbagai panggilan telepon dan jadwal pertemuan pimpinan serta mengatur jadwal pertemuan, konferensi, hingga pemesanan perjalanan untuk para staf kantor.

Resepsionis

Seorang resepsionis harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Seorang resepsionis pasti akan banyak dicari karena setiap perusahaan yang bergerak di bidang apa pun pasti akan membutuhkan posisi resepsionis untuk menjadi bagian front office perusahaan mereka.

Staf Personalia

Staf personalia juga bertugas untuk mengelola hal-hal seperti absensi karyawan, pinjaman karyawan, atau pencatatan cuti tahunan setiap karyawan.

Staf Operasional Pameran

Seorang staf operasional pameran bertugas untuk menjaga kelancaran acara atau pameran.

Personal Assistant

Personal assistant atau asisten pribadi adalah orang yang bertugas untuk mengurus urusan pekerjaan dan bahkan urusan pribadi atasan mereka.

Seksi Hubungan Massa

Seksi hubungan massa bertugas untuk menjembatani komunikasi antar perusahaan dengan dunia luar.

Wirausaha

Dengan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan selama tiga tahun pembelajaran, para lulusan SMK Jurusan OTKP tidak harus bekerja di perusahaan. Mereka bisa membuka peluang kerja sendiri, misalnya dengan membuka jasa event organizer. Berbekal kemampuan multitasking, ketelitian, dan kemampuan mengorganisir yang baik, mereka bisa mengembangkannya dengan membuka usaha sendiri.

Sebagai salah satu Sekolah Menengah Kejuruan berbasis Industri yang ada di Kabupaten Bekasi, SMK Budi Perkasa berusaha memberikan kualitas pendidikan yang terbaik dengan mendatangkan tenaga pendidik yang kompeten dan profesional.  Dilengkapi dengan sarana Lab OTKP yang representatif untuk menunjang kurikulum yang diberikan. (*)

Komentar

Saya sangat mengerti

Komentari Tulisan Ini