• SMK BUDI PERKASA
  • Tangguh Berkarakter

YUK, KENALAN DENGAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK BUDI PERKASA

Gambar: Petugas Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Penasaran tidak dengan seluk-beluk tenaga listrik khususnya aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Kalau kamu tertarik, jurusan SMK ini sangat cocok untukmu. Apalagi kalau kamu memang berminat untuk berkarir di bidang kelistrikan. Listrik juga telah menjadi salah satu kebutuhan dasar manusia. Tidak heran kalau SDM yang ahli dalam bidang kelistrikan banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan.

Teknik Instalasi Tenaga Listrik adalah jurusan yang mempelajari tentang perencanaan dan pemasangan instalasi penerangan, tenaga pemasangan dan pengoperasian motor listrik dengan kendali elektromekanik, elektronik dan PLC (Programable Logic Controller).

Berikut adalah mata pelajaran yang diajarkan di Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik :

  1. Gambar Teknik Listrik
  2. Dasar Listrik dan Elektronika
  3. Pekerjaan Dasar Elektromekanik
  4. Instalasi Penerangan Listrik
  5. Instalasi Tenaga Listrik
  6. Instalasi Motor Listrik
  7. Perbaikan Peralatan Listrik
  8. Produk Kreatif dan Kewirausahaan
  9. Sistem Kontrol Listrik Berbasis PLC
  10. Pekerjaan Dasar Elektromekanik

 

Gambar: Workshop Jurusan TIPTL SMK Budi Perkasa

 

Prospek Kerja Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik :

  1. Perusahaan Pembangkit Listrik

Prospek kerja yang pertama ialah bekerja di perusahaan pembangkit listrik baik itu BUMN (Badan Usaha Milik Negara) ataupun swasta. Di Indonesia banyak sekali perusahaan yang bergerak dalam bidang pembangkit listrik dan sangat memerlukan lulusan SMK listrik misalnya PLN, Indonesia Power, PT Indonesia Comnets Plus, PT Haleyora Powerindo, PT Bosowa Powerindo, dll.

  1. Maintenance Mesin Industri

Suatu sistem kegiatan untuk menjaga, memelihara, mempertahankan, mengembangkan dan memaksimalkan daya guna dari segala sarana yang ada di dalam suatu bengkel atau industri sehingga modal/investasi yang ditanam dapat berhasil dan berdaya guna tinggi secara ekonomis.

  1. Teknisi Listrik Industri

Semua industri di dunia ini memerlukan adanya listrik untuk menjalankan operasional industri tersebut. Lulusan TITL lah yang banyak dibutuhkan industri sebagai teknisi sistem kelistrikan untuk merawat dan memperbaiki sistem kelistrikan.

  1. Engineering Produksi

Engineering Produksi (teknik produksi) adalah suatu ilmu atau metode yang digunakan untuk mendukung peralatan produksi agar produksi bisa berjalan secara baik dan lancar

  1. Teknisi Service

Lulusan jurusan TITL juga dapat bekerja sebagai teknisi service. Biasanya menjadi seorang teknisi service AC atau barang elektronik lainnya. Profesi ini bisa dilakukan secara fulltime maupun sebagai sampingan.

  1. Operator Produksi

Lulusan TITL juga banyak yang bekerja di industri sebagai operator produksi misalnya di perusahaan komponen listrik atau manufaktur alat listrik.

  1. Operator Facillity

Operator facility adalah seseorang yang mengoperasikan peralatan atau mesin untuk membantu proses pembuatan, perakitan, pengemasan, dan langkah lainnya dalam jalur produksi.

  1. 6. Wirausaha

Karena lulusan SMK dibekali ilmu kewirausahaan dan lulusan TITL dibekali oleh keahlian tentang seluk beluk instalasi kelistrikan dapat bermanfaat untuk menjadi pengusaha di bidang kelistrikan seperti membuka service atau instalasi sistem kelistrikan rumahan atau gedung, toko komponen kelistrikan, jasa service AC/ elektronik dll.

Sebagai salah satu Sekolah Menengah Kejuruan berbasis Industri yang ada di Kabupaten Bekasi, SMK Budi Perkasa berusaha memberikan kualitas pendidikan yang terbaik dengan mendatangkan tenaga pendidik yang kompeten dan profesional.  Dilengkapi dengan sarana Lab TITL yang representatif untuk menunjang kurikulum yang diberikan. (*)

 

Komentar

Assalamualaikum, salam sejahtera buat kita semua. Saya sedang mengembangkan Jurusan TITL. Mohon arahan perlengkapan apa saja yang perlu ada di bengkel praktek TITL? Mohon maaf karena saya minim pengalaman.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Workshop Teknik Instalasi Tenaga Listrik Berbasis Elektronika Industri SMK Budi Perkasa

Listrik merupakan salah satu energi yang sangat penting dalam kehidupan kita, baik untuk di rumah, sekolah, kantor, hotel, maupun di sektor industri. Oleh karena itu lapangan pekerjaan

04/11/2023 19:44 - Oleh Administrator - Dilihat 356 kali